Di
suatu pasar pastinya terdapat yang namanya penjual dan pembeli. Penjual sebagai
penyedia barang yang siap dipasarkan sangat erat kaitannya dengan konsumen yang
ingin memenuhi kebutuhannya. Baik itu kebutuhan barang ataupun jasa. Makadari
itu, peran antara konsumen dan penjual (atau pun penjual yang sekaligus
berperan menjadi produsen) tidak bisa dipisahkan di dalam sebuah pasar.
Transaksi yang dapat terjadi pun tentunya memiliki kaitan dengan proses
pengambilan keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk.
Sebuah
pengambilan keputusan, dalam artian memilih untuk membeli atau tidak membeli,
seorang konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor. Faktor-faktor tersebut adalah
personal dan sosialnya. Faktor personal meliputi motivasi, persepsi, pemahaman,
kepercayaan, sikap dan kepribadian seseorang.
-
Motivasi
Motivasi merupakan dorongan yang
berasal dari diri sendiri untuk melakukan tindakan sesuatu sebagai usahanya
dalam memenuhi kebutuhan.
-
Persepsi
Persepsi merupakan suatu proses
pemilihan, pengorganisasian dan penyimpulan informasi berdasarkan pengalaman
pribadi. Persepsi seseorang dapat berbeda dengan orang lain karena adanya
subproses selektif meliputi eksposur selektif, atensi dan retensi selektif.
-
Pemahaman
Pemahaman adalah proses perubahan
pemikiran atau pemahaman seseorang karena adanya pengalaman-pengalaman pribadi
sebelumnya.
-
Kepercayaan
Kepercayaan adalah deskripsi
tingkat penerimaan pemikiran seseorang atas suatu obyek atau gejalan.
-
Sikap
Sikap adalah penilaian relatif
seseorang suatu objek atau pemikiran tertentu secara konsisten,
-
Kepribadian
Kepribadian adalah karakteristik
psikologis yang relatif konsisten terhadap respons akhir suatu objek di
lingkungannya.
Sedangkan
faktor sosial merupakan pengaruh-pengaruh eksternal terhadap keputusan seseorang.
Faktor-faktor tersebut meliputi peran seseorang di masyarakat dan hubungan
sosial terdekat yaitu keluarga sampai ke pengaruh budaya.
-
Peran
dan Status
Peran adalah kegiatan-kegiatan
seseorang untuk menyatakan keberadaan atau yang diharapkan pada dirinya dalam
lingkungannya. Status adalah penghargaan umum kelompok atau masyarakat terhadap
seseorang.
-
Keluarga
Keluarga adalah kelompok terkecil
dalam masyarakat yang meliputi orang tua dan anak-anaknya. Keluarga merupakan
kelompok yang paling langsung mempengaruhi perilaku seseorang.
(Faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan pembelian yang sudah dijelaskan di atas saya ambil
dari buku Dasar Pemasaran penerbit Gunadarma).
Proses pengambilan keputusan oleh konsumen bisa kita kaitkan dengan faktor-faktor yang sudah kita ketahui di atas. Sederhananya, apabila kita berperan sebagai konsumen, tentunya sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak membeli barang, kita akan melakukan sebuah pertimbangan. Bahkan bila perlu, konsumen akan melakukan riset terlebih dahulu mengenai keunggulan dari barang yang dia inginkan untuk dibeli. Setelah dirasa cocok, barulah keputusan untuk membeli pun dilakukan.
Kita
sudah mengetahui apa-apa saja yang menjadi faktor-faktor, yang mempengaruhi
keputusan pembelian oleh konsumen. Sebagai konsumen yang baik, tentu saja
haruslah melakukan pertimbangan terlebih dahulu sebelum memutuskan pembelian.
Semoga tulisan yang berperan sebagai salah satu tugas mata kuliah Perilaku
Konsumen ini dapat bermanfaat, dan saya mohon maaf atas segala kekurangan yang
masih menganga di penulisan ini.
Terima
kasih, selamat membaca :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar