Sabtu, 19 Oktober 2013

Tugas Perilaku Konsumen - Proses Pengambilan Keputusan oleh Konsumen



Di suatu pasar pastinya terdapat yang namanya penjual dan pembeli. Penjual sebagai penyedia barang yang siap dipasarkan sangat erat kaitannya dengan konsumen yang ingin memenuhi kebutuhannya. Baik itu kebutuhan barang ataupun jasa. Makadari itu, peran antara konsumen dan penjual (atau pun penjual yang sekaligus berperan menjadi produsen) tidak bisa dipisahkan di dalam sebuah pasar. Transaksi yang dapat terjadi pun tentunya memiliki kaitan dengan proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk.

Sebuah pengambilan keputusan, dalam artian memilih untuk membeli atau tidak membeli, seorang konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor. Faktor-faktor tersebut adalah personal dan sosialnya. Faktor personal meliputi motivasi, persepsi, pemahaman, kepercayaan, sikap dan kepribadian seseorang.
-          Motivasi
Motivasi merupakan dorongan yang berasal dari diri sendiri untuk melakukan tindakan sesuatu sebagai usahanya dalam memenuhi kebutuhan.
-          Persepsi
Persepsi merupakan suatu proses pemilihan, pengorganisasian dan penyimpulan informasi berdasarkan pengalaman pribadi. Persepsi seseorang dapat berbeda dengan orang lain karena adanya subproses selektif meliputi eksposur selektif, atensi dan retensi selektif.
-          Pemahaman
Pemahaman adalah proses perubahan pemikiran atau pemahaman seseorang karena adanya pengalaman-pengalaman pribadi sebelumnya.
-          Kepercayaan
Kepercayaan adalah deskripsi tingkat penerimaan pemikiran seseorang atas suatu obyek atau gejalan.
-          Sikap
Sikap adalah penilaian relatif seseorang suatu objek atau pemikiran tertentu secara konsisten,
-          Kepribadian
Kepribadian adalah karakteristik psikologis yang relatif konsisten terhadap respons akhir suatu objek di lingkungannya.

Sedangkan faktor sosial merupakan pengaruh-pengaruh eksternal terhadap keputusan seseorang. Faktor-faktor tersebut meliputi peran seseorang di masyarakat dan hubungan sosial terdekat yaitu keluarga sampai ke pengaruh budaya.
-          Peran dan Status
Peran adalah kegiatan-kegiatan seseorang untuk menyatakan keberadaan atau yang diharapkan pada dirinya dalam lingkungannya. Status adalah penghargaan umum kelompok atau masyarakat terhadap seseorang.
-          Keluarga
Keluarga adalah kelompok terkecil dalam masyarakat yang meliputi orang tua dan anak-anaknya. Keluarga merupakan kelompok yang paling langsung mempengaruhi perilaku seseorang.
(Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yang sudah dijelaskan di atas saya ambil dari buku Dasar Pemasaran penerbit Gunadarma).

Proses pengambilan keputusan oleh konsumen bisa kita kaitkan dengan faktor-faktor yang sudah kita ketahui di atas. Sederhananya, apabila kita berperan sebagai konsumen, tentunya sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak membeli barang, kita akan melakukan sebuah pertimbangan. Bahkan bila perlu, konsumen akan melakukan riset terlebih dahulu mengenai keunggulan dari barang yang dia inginkan untuk dibeli. Setelah dirasa cocok, barulah keputusan untuk membeli pun dilakukan.

Kita sudah mengetahui apa-apa saja yang menjadi faktor-faktor, yang mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen. Sebagai konsumen yang baik, tentu saja haruslah melakukan pertimbangan terlebih dahulu sebelum memutuskan pembelian. Semoga tulisan yang berperan sebagai salah satu tugas mata kuliah Perilaku Konsumen ini dapat bermanfaat, dan saya mohon maaf atas segala kekurangan yang masih menganga di penulisan ini.
Terima kasih, selamat membaca :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar