Sebagai
konsumen yang cerdas, hal yang pastinya dilakukan sebelum melakukan pembelian
tentunya adalah memikirkan berbagai pilihan lain yang tersedia. Konsumen harus
mengevaluasi alternatif sebelum melakukan pembelian. Dengan pertimbangan ini
berarti mereka sedang meneliti atribut-atribut yang terdapat pada suatu produk,
dan menilai atribut mana yang lebih penting untuk digunakan sebagai dasar
keputusan memilih produk. Kriteria evaluasi berisikan hal-hal tertentu yang digunakan
dalam alternatif-alternatif pilihan. Kriteria alternatif ini dapat berupa dalam
berbagai bentuk, misalnya dalam pembelian tas, seorang konsumen kemungkinan
akan mempertimbangkan kualitas bahan, harga, merk, perancang, desain, negara
asal dan juga hal yang bersifat hedonik seperti gengsi, kesenangan dan
lain-lain. Beberapa kriteria evaluasi yang umum adalah :
1. Harga
Harga
menentukan pemilihan alternatif sebelum pembelian. Konsumen biasanya akan
memilih barang dengan harga yang murah untuk suatu produk yang ia ketahui
spesifik atau detailnya. Namun jika konsumen tidak bisa mengevaluasi kualitas
produk, maka harga merupakan indikator kualitasnya. Oleh karena itu, dalam
menentukan harga hendaknya disesuaikan kembali dengan kualitas dari produk
tersebut.
2. Merk
Jika
kita perhatikan kembali kebiasaan diri kita sendiri pada saat ingin memilih
barang, mungkin kita pernah membeli barang hanya karena melihat merknya saja.
Seperti misalnya, kita ingin membeli minuman air mineral, merk yang sudah kita
percayai misalnya merk “AQ” karena sudah terbukti kualitas dan kebersihannya,
maka bisa dibilang merk merupakan pengganti dari mutu produk. Ketika konsumen
sulit untuk menilai kriteria produk, kepercayaan pada merk lama yang sudah
memiliki kesan atau reputasi baik bisa digunakan untuk mengurangi resiko
kesalahan dalam pembelian.
3. Negara
asal
Negara
asal barang diproduksi merupakan pertimbangan penting yang biasanya berada di
pikiran para konsumen. Negara asal sering mencitrakan kualitas produk.
Misalnya, konsumen sudah tidak ragu lagi dengan mobil buatan Amerika, sementara
itu nampaknya produk elektronik buatan Jepang memiliki kualitas yang lebih
unggul daripada buatan negara lain.
Itulah
sebagian dari kriteria-kriteria umum yang bisa dijadikan bahan evaluasi sebelum
melakukan pembelian. Jadi intinya, konsumen akan mempunyai pilihan yang tepat
dan membuat pilihan alternatif secara teliti terhadap produk yang akan
dibelinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar