Minggu, 30 Desember 2012

Tugas Koperasi - Koperasi Kredit (Credit Union)


Nah.. masih seputar koperasi, kali ini saya akan membahas mengenai Credit Union atau Koperasi Kredit. Teman-teman sudah ada yang pernah mendengar mengenai koperasi kredit? Kalau belum, check it out! Hehehehe ^_^v

Setelah saya browsing di internet, khususnya di http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi_kredit, dapat kita ketahui bahwa: 

“Koperasi Kredit, atau populernya disebut sebagai Credit Union, adalah sebuah lembaga keuangan yang bergerak di bidang simpan pinjam, yang dimiliki dan dikelola oleh anggotanya, dan yang bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya sendiri.”

Prinsip dari Koperasi Kredit ada tiga yang  utama, yaitu:

1.      Asas swadaya (tabungan hanya diperoleh dari anggotanya).
2.      Asas setia kawan (pinjaman hanya diberikan kepada anggota), dan
3.      Asas pendidikan dan penyadaran (membangun watak adalah yang utama, hanya yang berwatak baiklah yang dapat diberi pinjaman).

SEJARAH KOPERASI KREDIT

Sejarah koperasi kredit, dimulai pada abad ke 19, ketika Jerman dilanda krisis ekonomi karena badai salju yang melanda seluruh negeri. Pada saat itu, para petani tidak dapat bekerja karena tanamannya yang tak dapat menghasilkan hasil bumi, sehingga penduduk pun kelaparan. Situasi sulit ini pun dimanfaatkan oleh orang-orang yang memiliki uang banyak. Mereka memberikan pinjaman kepada pendduk dengan bunga yang sangat tinggi, membuat banyak masyarakat miskin yang terjerat hutang. Karena tidak bisa membayar  hutang, maka sisa harta benda mereka pun disita oleh lintah darat.
Tidak lama berselang setelah situasi tersebut, muncullah Revolusi Industri. Pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh manusia, diambil alih oleh mesin-mesin. Karena Revolusi Industri tersebut, banyak pekerja yang terkena PHK.. Jerman pun dilanda masalah pengangguran secara besar-besaran.
Melihat kondisi ini, walikota Flammersfield, Friedrich Wilhelm Raiffeisen, merasa prihatin dan ingin menolong kaum miskin. Ia mengundang orang-orang kaya untuk menggalang bantuan. Ia berhasil mengumpulkan uang dan roti, kemudian dibagikan kepada kaum  miskin.
Namun ternyata, hal itu tidak memecahkan masalah kemiskinan. Sebab kemiskinan adalah akibat dari cara berpikir yang keliru. Penggunaan uang tak terkontrol dan tak sedikit masyarakat yang menerima bantuan memboroskan uangnya agar segera menerima bantuan lagi. Oleh karena ulah itu, para dermawan pun tak lagi berminat untuk membantu  kaum miskin.
Raiffeisen tak putus asa. Ia mengambil cara lain untuk menjawab soal kemiskinan ini. Ia mengumpulkan roti dari pihak pabrik-pabrik roti di Jerman untuk dibagi-bagikan kepada burug dan petani miskin. Namun usaha ini pun tak menyelesaikan masalah.
Berdasarkan pengalaman yang sudah dikecap, Raiffeisen pun berkesimpulan: “Kesulitan si miskin hanya dapat diatasi oleh si miskin itu sendiri. Si miskin harus mengumpulkan uang secara bersama-sama dan kemudian meminjamkan kepada sesama mereka juga. Pinjaman harus digunakan untuk tujuan yang produktif, yang memberikan penghasilan. Jaminannya adalah watak si peminjam. Untuk mewujudkan impian tersebut, Raiffeisen, petani miskin dan kaum buruh akhirnya membentuk koperasi bersama bernama Credit Union, yang berarti kumpulan orang-orang yang saling mempercayai. Credit Union yang dibangun oleh Raiffeisen, petani miskin dan kaum buruh berkembang pesat di Jerman, bahkan kini telah menyebar ke seluruh dunia.

Yup, begitulah secara singkat ulasan dari Sejarah Koperasi Kredit di Dunia. Berikut, masih dikutip dari situs yang sama, yaitu daftar Koperasi Kredit besar di Indonesia berdasarkan tahun berdirinya:
·         Credit Union Lantang Tipo (1976)
·         Credit Union Khatulistiwa Bakti (1985)
·         Credit Union Pancur Kasih (1987)
·         Credit Union Daya Lestari (2001). Berada di Kalimantan Timur, dan Wilayah pengembanngannya ada di seluruh Kabupaten di Kalimantan Timur. Ada 24 kantor TPK/TP/Cabang di seluruh Kalimantan Timur, dengan anggota lebih dari 30 ribu orang.

Mungkin hanya itu saja informasi mengenai Koperasi Kredit yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf atas segala ketidakpuasan yang timbul pada saat membaca tulisan ini dikarenakan minimnya informasi yang tersaji. Salam Gunadarma!

AMANDA DWI PRAHARANI
10211657
2EA01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar