Minggu, 29 Desember 2013

TUJUAN MANAJEMEN KEUANGAN DALAM PERUSAHAAN



TUJUAN MANAJEMEN KEUANGAN DALAM PERUSAHAAN

Sebagai makluk ekonomi, tentunya di setiap jalannya kehidupan kita tidak akan pernah bisa lepas dengan keuangan. Tak hanya kita sebagai individu, hal dengan skala besar pun pastinya akan erat kaitannnya dengan keuangan. Agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien, maka keuangan harusnya diatur sedemikian rupa, atau yang biasa kita sebut dengan Manajemen Keuangan. Yang akan menjadi pemeran utama dalam tulisan ini adalah tujuan manajemen keuangan dalam perusahaan.
Agar manajemen keuangan efisien, perusahaan seharusnya mempunyai suatu tujuan atau sasaran utama. Dilihat dari perkembangannya, tujuan perusahaan ada beberapa macam, yaitu:
·         Tujuan tradisional yaitu memaksimalkan laba. Tujuan tersebut sudah tidak memadai lagi, karena (Hampton, 1995):
-          Memaksimumkan laba atau memaksimumkan earnings per share tidak mempertimbangkan nilai waktu uang dan jangka waktu return pada masa yang akan datang.
-          Risiko return pada masa yang akan datang tidak dipertimbangkan
-          Kebijakan dividen tidak dipertimbangkan.
·         Memaksimumkan kesejahteraan pemegang saham yaitu dilakukan dengan cara memaksimukan harga pasar saham perusahaan. Tujuan tersebut merupakan tujuan yang tepat, karena:
-          Harga pasar mencerminkan evaluasi pasar terhadap prestasi perusahaan saat itu dan masa yang akan datang.
-          Tujuan memaksimumkan harga pasar memperhitungkan kapan return diterima oleh para pemilik, jangka waktu terjadinya, risiko return tersebut, dan kebijakan dividen.
·         Memaksimumakn kesejahteraan pemegang saham tidak membebaskan perusahaan dari pertanggungjawaban sosial, karena:
-          Kesejahteraan pemegang saham dan kehidupan perusahaan sangat tergantung pada pertanggungjawaban sosial perusahaan.
-          Perusahaan dapat dipandang memproduksi baik barang pribadi maupun barang sosial yang akan menguntungkan pemegang saham.
Sumber:
Miswanto, dkk. 1998. Manajemen Keuangan I. Jakarta. Universitas Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar