Minggu, 10 November 2013

EVALUASI ALTERNATIF SEBELUM PEMBELIAN

Sebagai konsumen yang cerdas, hal yang pastinya dilakukan sebelum melakukan pembelian tentunya adalah memikirkan berbagai pilihan lain yang tersedia. Konsumen harus mengevaluasi alternatif sebelum melakukan pembelian. Dengan pertimbangan ini berarti mereka sedang meneliti atribut-atribut yang terdapat pada suatu produk, dan menilai atribut mana yang lebih penting untuk digunakan sebagai dasar keputusan memilih produk. Kriteria evaluasi berisikan hal-hal tertentu yang digunakan dalam alternatif-alternatif pilihan. Kriteria alternatif ini dapat berupa dalam berbagai bentuk, misalnya dalam pembelian tas, seorang konsumen kemungkinan akan mempertimbangkan kualitas bahan, harga, merk, perancang, desain, negara asal dan juga hal yang bersifat hedonik seperti gengsi, kesenangan dan lain-lain. Beberapa kriteria evaluasi yang umum adalah :
1.      Harga
Harga menentukan pemilihan alternatif sebelum pembelian. Konsumen biasanya akan memilih barang dengan harga yang murah untuk suatu produk yang ia ketahui spesifik atau detailnya. Namun jika konsumen tidak bisa mengevaluasi kualitas produk, maka harga merupakan indikator kualitasnya. Oleh karena itu, dalam menentukan harga hendaknya disesuaikan kembali dengan kualitas dari produk tersebut.
2.      Merk
Jika kita perhatikan kembali kebiasaan diri kita sendiri pada saat ingin memilih barang, mungkin kita pernah membeli barang hanya karena melihat merknya saja. Seperti misalnya, kita ingin membeli minuman air mineral, merk yang sudah kita percayai misalnya merk “AQ” karena sudah terbukti kualitas dan kebersihannya, maka bisa dibilang merk merupakan pengganti dari mutu produk. Ketika konsumen sulit untuk menilai kriteria produk, kepercayaan pada merk lama yang sudah memiliki kesan atau reputasi baik bisa digunakan untuk mengurangi resiko kesalahan dalam pembelian.
3.      Negara asal
Negara asal barang diproduksi merupakan pertimbangan penting yang biasanya berada di pikiran para konsumen. Negara asal sering mencitrakan kualitas produk. Misalnya, konsumen sudah tidak ragu lagi dengan mobil buatan Amerika, sementara itu nampaknya produk elektronik buatan Jepang memiliki kualitas yang lebih unggul daripada buatan negara lain.
Itulah sebagian dari kriteria-kriteria umum yang bisa dijadikan bahan evaluasi sebelum melakukan pembelian. Jadi intinya, konsumen akan mempunyai pilihan yang tepat dan membuat pilihan alternatif secara teliti terhadap produk yang akan dibelinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar