Minggu, 10 November 2013

Pahlawanku, siapakah itu?

 Jika sudah memasuki bulan november seperti ini, momen terdekat yang biasanya terpatri dalam pikiran kita adalah hari pahlawan di tanggal sepuluh november. Di televisi juga pastinya berbagai program yang berhubungan dengan kepahlawanan akan ramai untuk disuguhkan untuk merayakan hari spesial itu. Namun apabila kita tilik kembali, sebenarnya apa itu arti hari pahlawan? Silakan Anda jawab sendiri J
Pahlawan. Jika kita mendengar kata itu, mungkin yang pertama kali muncul dalam pikiran kita adalah para pejuang kemerdekaan yang telah gugur demi merebut kebebasan bangsa dari penjajah. Dengan gagah berani menumpahkan keringat dan darahnya, tanpa kenal menyerah. Meninggalkan ego yang selalu menjerit untuk berlari mundur saja menjauhi barisan, dan menyelamatkan diri sendiri agar bisa aman dan bertahan hidup. Sungguh mengaharukan semangat yang berada pada diri pahlawan-pahlawan kemerdekaan kita dahulu.
Namun, apakah yang dimaksud pahlawan hanya itu? Bagaimana menurut Anda? Menurut saya tidak. Bukan hanya itu arti pahlawan bagi diri saya.
Menurut saya, pahlawan merupakan orang-orang yang pernah berjasa kepada kita. Baik jasa yang besar, atau hanya jasa yang sangat kecil sekalipun. Menurut saya, tiap petugas kebersihan itu adalah pahlawan, karena jika tak ada mereka, maka siapa lagi yang dengan penuh kesadaran mau untuk menjaga kebersihan? Begitu juga dengan semua orang yang memiliki pengalaman pernah membantu orang lain. Namun, pahlawan sejati yang kemungkinan sering kita lupakan jasanya adalah orang tua. Sejak mulai kita masih di kandungan, mereka sudah dengan begitu sayangnya menjaga dan mempersiapkan segalanya demi kelancaran persalinan. Ketika kita sudah lahir, kasih sayang mereka semakin bertambah. Siang malam menjaga kita agar tidak sakit, mencukupi kebutuhan kita, mendidik kita, dan rela berkorban demi kebahagiaan kita. Jika ingin membahas jasa orang tua, tentunya tidak akan pernah bisa dihitung, walau dengan menggunakan rumus matematika yang paling rumit sekali pun. Jasa orang tua adalah sepanjang masa. Orang tua, adalah PAHLAWANKU.

Semoga tulisan sederhana ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang ingin menemukan siapakah pahlawannya sebenarnya J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar