Minggu, 10 November 2013

TIPS MENJADI TUTOR YANG BAIK

Bagi mahasiswa Universitas Gunadarma, mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebutan “aslab” atau asisten laboratorium, karena sejak semester 1 sampai akhir tidak pernah lepas dari hal yang bernama “Praktikum”. Di setiap kegiatan praktikum, tentunya ada tutor yang bertugas membantu praktikan untuk memahami materi praktikum tersebut. Namun tidak semua tutor berhasil menyampaikan materinya dengan baik. Berikut adalah tips berdasarkan pengalaman dari senior-senior di Lab yang mudah-mudahan dapat digunakan sebagai pelajaran :
·         Menguasai materi praktikum.
·         Harus memiliki suara yang lantang dan jelas agar praktikan bisa mendengarkan penjelasan tutor.
·         Harus memiliki cara berbicara yang dapat mengambil perhatian praktikan, misalnya dengan dibantu oleh gerak tubuh agar lebih menarik perhatian. Dalam artian yang berbicara tak hanya mulut, melainkan anggota tubuh lainnya.
·         Menganggap praktikan sebagai teman agar tidak tegang pada saat tutorial.
·         Selalu bersikap tenang, tidak mudah terpancing emosi apabila ruangan lab menjadi berisik karena praktikan yang mengobrol, dan berusaha sebisa mungkin mengambil perhatian mereka kembali.
·         Jangan pernah sekalipun menunjukkan kelemahan kita dengan memasang wajah kebingungan ketika mendapat pertanyaan dari praktikan.
·         Harus selalu bersikap sopan dan berwibawa.
·         Tidak mudah terpancing untuk menunjukkan kelemahan di depan praktikan.
·         Harus sabar.
·         Harus selalu berkepala dingin.

Mungkin itu saja tips-tips yang bisa saya share pada tulisan kali ini. Untuk tambahan tips lainnya mungkin bisa Anda kondisikan sesuai dengan kenyataan di lab Anda. Untuk segala kekurangan yang ada, saya ucapkan maaf yang sebesar-besarnya. Semoga bermanfaat J  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar